RSS

PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM AKTIVITAS BISNIS


"
Update blog kali ini sedikit berbahasa serius, menyikapi semakin tergantungnya kita terhadap kemajuan Teknologi Informasi era sekarang ini sebagai salah satu unsur penting pendukung keberhasilan bisnis, dimana salah satu aktivitas bisnis adalah E-marketing"

Pengertian Teknologi Informasi (TI) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu
informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999).


Dari definisi diatas menunjukkan bahwa peran TI sekarang ini sangat penting dan mempengaruhi tingkat keberhasilan bisnis kita. Penggunaan TI sangat mendukung proses bisnis yang terjadi baik di perusahaan besar, UMKM maupun bisnis rumahan. Hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking, E-Marketing dan lain-lain memeberi dampak terpenuhinya kebutuhan efisiensi waktu dan biaya dari setiap pelaku bisnis, sehingga menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja sangat dirasa perlu. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada pola kebiasaan kerja. 


Dari pemanfaatan TI yang kita kenal dan dipergunakan dalam perdagangan secara elektronik yaitu E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce merupakan bagian dari e-business yang melakukan perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Sedangkan e-business memiliki cakupan yang lebih luas, karena tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan customer, E-marketing, lowongan pekerjaan dan lain-lain. E-Commerce (e-dagang) juga memerlukan teknologi basis data atau databases, e-mail, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

  
Jika E-Commerce merupakan bagian dari e-business yang melakukan perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet, disini saya ingin melihat peran TI dalam bisnis dari sisi E-Marketing sebagai sisi pemasaran E-Commerce yang terdiri dari kerja perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.


Berikut ini adalah beberapa definisi e-marketing :


"E-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain. Menurut Boone dan Kurtz (2005)".


"E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet." 


"E-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan haga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Strauss dan Frost (2001)"




Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing. Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:

a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
c. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.

Dalam pelaksanaan dan pengaplikasisan E-marketing perlu digunakan alat yang berbasis TI untuk menunjang E-maketing yang akan dijalankan ,contoh-contoh alat berbasis TI tersebut sebagai 
berikut :

1. Interactive Digital Television
Interactive Digital Television adalah sebuah media baru dengan format televisi tetapi dapat dinikmati melalui adanya saluran layanan sambungan internet di rumah sehingga audiences dapat memilih sendiri acara apa yang ingin ditonton. Banyak orang berkata bahwa IDTV ini sudah ada sejak adanya games anak-anak yang melibatkan penonton itu sendiri. Penonton dibawa untuk mandiri dengan memilih acara, program yang ingin dilihat sampai iklan dengan barang yang ingin dibeli. Hal ini, tentunya, membuat marketer semakin memahami keinginan target market.
  

2. Digital Radio
Ada 2 jenis radio digital, yaitu Digital Audio Broadcasting (DAB) dan Web radio. Digital Audio Broadcasting (DAB), sama seperti radio konvensional, hanya saja display yang digunakan untuk mencari saluran adalah sebuah liquid crystal display yang besar. Sedangkan web radio adalah radio yang didengarkan melalui streaming di internet serta mengunakan beberapa plug-ins seperti real media atau windows media player.

  
3. Mobile (or wireless) Devices.
Teknologi berbasis mobile devices adalah teknologi yang baru. Berawal dari telepon genggam, text messaging atau SMS (short message service) mulai menjadi fenomena. Setelah itu, banyak fasilitas lain yang ditawarkan oleh telepon genggam (seperti WAP di GSM, I-mode di Jepang, GPRS dan EDGE sampai pada 3G dan juga UMTS yang berbasis wireless network. Selain itu ada juga teknologi bluetooth yang berguna untuk viralcommunication, community activities dan juga location-based services. Ada juga BlueJacking, Voice Portaldan Unified Messaging System. Dengan kemajuan mobile device yang begitu cepat dan selalu terupdate tiap periodnya sehingga sekarang orang dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja melalui handphone,smartphone dan gadget yang mereka miliki.


Sumber :
  1. http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam bisnis-yuk-baca-ini/
  2. http://evimulati.blogspot.co.id/2015/03/e-marketing.html





13 komentar:

Unknown mengatakan...

Aku jualan online jg mbak, marketingnya tergantung dg gadget juga. Sama artinyanya butuh utk TI.

Muhamad Mustain mengatakan...

TI merupakan sarana bagi penggunannya untuk memperoleh berbagai kemudahan, so sangat tergantung dengan kualitas individu pemakai, di tangan individu yang berwawasan, TI akan bermanfaat maksimal, sementara tidak menutup kemungkinan akan terjadi kesia-siaan bila pengguna TI kurang mampu menempatkan TI secara proporsional dan tepat sasaran.

PAKNE FAIQ mengatakan...

cantiknya blog njenengan mbak. makasih info IT nya

Unknown mengatakan...

Makasih mas adi, blog http://bapaknefaiq.blogspot.co.id/?m=1 juga keren...

Unknown mengatakan...

Siap pak mustain, terima kasih masukannya.

Unknown mengatakan...

Sip adik vicky, sukses ya..

Combo Pack mengatakan...

Pernah ikut seminar tema digitized or die. Mau tak mau teknologi menjadi satu pilar yang harus kita pakai kalau mau survive. Pilihannya itu. Semangattttt!

@ffo_fly mengatakan...

Dunia berkembang, kalo kita gak mau ketinggalan harus mengikuti perkembangan itu meski hanya sebisanya hahaa....,seperti aku yg gak gitu paham dunia per-gadget-an tp tetap usaha untuk belajar.

Btw, blog kamu so soft yul...., aku suka...hehe

Unknown mengatakan...

Yes sist...dan dikau telah memakainya...sukses buat Repoeblik Nongkrong...yg care terlebih utk pencinta coffee..

Unknown mengatakan...

Betul fo, tiap liat org udah pada pake gadget, menurutku kamu udah sip kok menggunakan TI utk buku2 dan kata2 indahmu...thanks n sukses ya..

Unknown mengatakan...

Yes sist...dan dikau telah memakainya...sukses buat Repoeblik Nongkrong...yg care terlebih utk pencinta coffee..

bro mengatakan...

Tks info ttg TI nya mb Yul. Pencerahan banget buat saya, jadi tambah semangat lagi untuk belajar

Unknown mengatakan...

Terima kasih jg komennya mas bro...mari bersama2 kita belajar dan terus belajar.

Design by Alya's Mom. Diberdayakan oleh Blogger.